Cara Menghapus Background di Photoshop Dengan Rapih

Cara Menghapus Background di Photoshop Dengan Rapih

Cara menghapus background di photoshop dengan rapih – Tahukah Anda bahwa ada fitur di Photoshop yang memudahkan untuk menghapus latar belakang di foto? Tidak hanya itu, Anda dapat memilih objek mana dalam foto yang ingin Anda simpan dan mana yang ingin Anda hapus. Dalam tutorial ini, saya akan berbagi dengan Anda cara menggunakan fitur ini, bersama dengan tips tentang cara meningkatkan skill Anda.

Inilah foto yang akan kami hapus latar belakangnya.

hapus backrounnd

Tujuan kami adalah menghapus latar belakang dari foto ini sehingga hanya menyisakan wanita, mejanya, dan komputer. Kita bisa mengganti background dengan yang baru jika kita mau.

Cara Menghapus Background di Photoshop Dengan Rapih

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Terbaik di Hp Gratis Untuk Android dan iOS

Alat Seleksi Objek Photoshop

Alat yang akan kita gunakan untuk menghapus latar belakang dari foto kita adalah Object Selection Tool. Ini dirilis pada tahun 2019, dan Anda akan menemukannya di Palet Alat Photoshop di sebelah kiri layar. Ini dikelompokkan bersama dengan alat Seleksi Cepat dan Tongkat Sihir sehingga hanya tampil salah satu dari ke tiga icon tersebut,  jika Anda tidak dapat melihat ikonnya.

Setelah mengklik ikon Object Selection Tool di Tools Palette, Anda akan melihat kontrol alat muncul di toolbar Context Sensitive. Ini adalah bilah alat yang berjalan di sepanjang bagian atas Photoshop, tepat di bawah menu.

Ada beberapa kontrol di bilah alat, tetapi kita hanya fokus pada tiga alat saja:

Baca Juga :  Edit Background Foto Online Free

1. The Selection Type. Di sini ada empat ikon yaitu: Baru, Tambah, Kurangi, atau Berpotongan dengan pilihan yang ada. Sebagian besar waktu Anda akan menggunakan opsi Baru atau Tambah.
2. The Object Finder. Ini melakukan sebagian besar pekerjaan untuk kami dengan menemukan objek di foto yang ingin kami pertahankan saat kami menghapus latar belakang.
3. The Mode setting. Ini dapat diatur ke Rectangle atau Lasso. Sebagian besar waktu Lasso adalah pilihan terbaik.

Menemukan Objek dalam Foto

Langkah awal untuk menghapus backround foto adalah dengan memilih objek dalam gambar yang ingin kamu simpan. Kamu kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk membuat topeng yang menyembunyikan semua hal lain di foto, jadi hapus latar belakang.

Saat Anda pertama kali mengklik Select Objects Tool, Photoshop menganalisis gambar Anda untuk mengidentifikasi objek apa pun yang dapat ditemukannya. Terkadang ia tidak dapat mendeteksi objek apa pun, tetapi sebagian besar waktu ia melakukan pekerjaan yang luar biasa. Jika Anda ingin mengulangi deteksi objek, klik ikon panah melingkar di bilah alat di sebelah kanan “Objek Finder”. Panah kemudian berputar sementara Photoshop mencoba mendeteksi objek di foto.

Saat pemilihan objek selesai, Anda dapat melihat objek yang ditemukan Photoshop dengan salah satu dari dua cara berikut:

1. Klik ikon “Show all objects” di bilah alat. Ini di sebelah kanan ikon segarkan panah melengkung yang dibahas di atas. Anda juga dapat menekan dan menahan tombol N pada keyboard Anda, yang merupakan jalan pintas yang bagus untuk diingat.
2. Sebagai alternatif, Anda dapat menggerakkan penunjuk tetikus ke atas gambar yang menyoroti objek apa pun yang teridentifikasi yang Anda lewati.

Baca Juga :  Cara Mengganti Background Otomatis di Photoshop

Objek yang diidentifikasi ditunjukkan dengan overlay berwarna yang dapat Anda konfigurasikan dengan mengklik ikon Pengaturan (roda gigi) di bilah alat.

Memilih Objek dalam Foto

Ketika Photoshop telah mengidentifikasi objek dalam gambar, kita dapat mengubahnya menjadi pilihan. Kita hanya perlu menggerakkan pointer mouse kita ke atas objek yang ingin kita pilih. Kemudian ketika Anda melihat objek yang disorot, klik dengan mouse Anda. Setelah beberapa saat, Anda akan melihat semut berbaris muncul di sekitar objek, menunjukkan pilihan aktif telah dibuat.

Kita sekarang perlu menambahkan pilihan ini sehingga kita memilih semua yang ada di foto yang ingin kita simpan. Ini memungkinkan kita untuk kemudian menghapus latar belakang dari foto sambil menjaga objek yang dipilih.

Cara menambah seleksi yang sudah ada adalah dengan menggunakan Selection Type of Add. Anda mengatur ini menggunakan empat ikon di sisi kiri Context Sensitive Toolbar. Ikon Tambah adalah ikon kedua dari kiri dan menunjukkan dua kotak yang tumpang tindih.

Saat Anda memiliki Jenis Pilihan diatur ke Tambah, gerakkan penunjuk mouse Anda ke area lain dari foto yang ingin Anda simpan. Saat masing-masing disorot, klik untuk menambahkannya ke pilihan yang ada.

Setelah memilih objek di foto yang ingin Anda simpan, Anda akan melihat semut berbaris di sekitar area tersebut.

Saat menggunakan Select Object Tool, Anda mungkin masih menemukan area yang tidak dapat Anda pilih dan yang perlu Anda perbaiki.

Menyempurnakan Seleksi

Sebagus seleksi awal ini, ada masalah yang tidak langsung terlihat. Salah satu contohnya adalah sudut keyboard laptop.

Dalam tangkapan layar ini Anda dapat melihat bagian komputer yang terlewat serta sudut catatan posting. Cara memilih area ini adalah dengan menggambar di sekitarnya.

Baca Juga :  Aplikasi Untuk Mengubah Background Foto

Menggunakan mouse Anda dengan Select Object Tool di Lasso Mode (opsi dropdown di Context Sensitive Toolbar), klik dan gambar di sekitar area yang ingin Anda tambahkan ke seleksi. Saat Anda melepaskan tombol mouse, area tersebut ditambahkan.

Menghapus Latar Belakang Foto

Setelah memilih apa yang ingin Anda simpan di foto, saatnya membuat layer mask untuk menghapus latar belakang. Meskipun Anda dapat menghapus latar belakang menggunakan salah satu alat penghapus, menggunakan topeng lebih disukai karena tidak merusak. Ada juga alat dan teknik lain yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki layer mask untuk meningkatkan pilihan Anda.

klik ikon “Add Layer Mask” di bagian bawah jendela Photoshop Layers. Ini terlihat seperti kotak berwarna terang dengan lingkaran gelap di tengahnya.

Saat Anda menambahkan layer mask ke layer, itu mengubah seleksi aktif menjadi topeng yang menghilangkan latar belakang dari foto. Latar belakang yang telah dihapus kemudian ditampilkan dengan pola yang dicentang, yang menunjukkan bahwa itu transparan.

Karena ini adalah topeng, Anda dapat dengan mudah menyembunyikannya untuk menampilkan latar belakang lagi jika perlu. Tetapi Anda juga dapat memperbaiki topeng untuk meningkatkan hasil menggunakan alat Pilih dan Topeng di Photoshop. Video Tutorial Cara Menghapus Background di Photoshop Dengan Rapih